Senin, 21 Mei 2012

SISTEM PEREDARAN DARAH PADA MANUSIA


1.     DARAH

a.     Pengertian Darah
Darah yaitu pembawa zat-zat yang dipompakan melalui system tertutup pembuluh-pembuluh darah oleh jantung dan merupakan cairan jaringan tubuh. Darah manusia berwarna merah, antara merah terang apabila kaya oksigen sampai merah tua apabila kekurangan oksigen. Warna merah pada darah disebabkan oleh hemoglobin, protein pernapasan (respiratory protein) yang mengandung besi dalam bentuk heme, yang merupakan tempat terikatnya molekul-molekul oksigen. Volume darah total normal yang beredar kira-kira 80% berat badan atau 5600 ml pada orang 70 kg.

b.     Bagian-bagian darah
Darah tersusun dari plasma darah dan sel-sel darah. Plasma darah meliputi 55%  dari seluruh bagian darah, sedangkan 45% sisanya adalah berupa sel-sel darah.
-        Sel-sel darah (bagian yang padat)
*     Eritrosit (sel darah merah)
Eritrosit merupakan bagian utama dari darah. Jumlahnya pada pria dewasa sekitar 5 juta/cc dan pada wanita dewasa sekitar 4,5 juta/cc. Bentuknya bikonkaf, serta berwarna merah disebabkan oleh hemoglobin(Hb). Umur eritrosit 120 hari. Setelah itu akan dihancurkan di hati.
*     Leukosit (sel darah putih)
Leukosit berinti, bahkan pada basofil, netrofil, dan eosinofil intinya lebih dari 1 lobus sehingga disebut polimorfphonuclear (PMN), sedang monosit dan limfosit berinti satu lobus. Pada orang dewasa terdapat 5000- 10000/cc. Leukosit bersifat fagosit (pemakan) benda asing atau kuman yang masuk ke dalam tubuh.

*     Trombosit (keping darah)
Trombosit disebut juga sel darah pembeku, jumlahnya pada orang dewasa kira-kira 200.000-500.000/cc. Di dalam trombosit terdapat banyak sekali faktor pembekuan (hemostasis), diantaranya adalah faktor VIII (antiheamophillic factor).
-        Plasma Darah (bagian yg cair) : Adalah darah tanpa sel – sel darah, berwarna kekuning kuningan, dan sekitar 90%-nya adalah air. Terdiri atas:
*     Serum berfungsi untuk kekebalan
*     Fibrinogen berfungsi untuk pembekuan darah

c.      Fungsi Darah
1.     Mengedarkan sari-sari makanan ke seluruh tubuh yang dilakuakn oleh plasma darah
2.     Mengedarkan oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh yang dilakukan oleh sel darah merah
3.     Mengangkut sisa oksidasi dari sel tubuh untuk dikeluarkan dari tubuh yang dilakukan oleh plasma darah, karbondioksida dikeluarkan melalui paru-paru, dan urea dikeluarkan melalui ginjal  
4.     Mengedarkan hormon yang dikeluarkan oleh kelenjar buntu (endokrin) yang dilakukan oleh plasma darah
5.     Membunuh kuman yang masuk ke dalam tubuh yang dilakukan oleh sel darah putih.
6.     Menutup luka yang dilakukan oleh keping-keping darah.
7.     Menjaga kestabilan suhu tubuh.

2.     JANTUNG

a.     Bagian bagian Jantung
Jantung manusia terbagi atas empat ruangan, yaitu serambi kanan dan serambi kiri serta bilik kiri dan bilik kanan. Bagian bilik (ventrikel) jantung berdinding lebih tebal dibandingkan serambi (atrium) jantung. Hal ini berhubungan dengan fungsinya untuk memompakan darah ke seluruh tubuh sehingga harus lebih kuat. Adapun dinding bilik kanan lebih tipis karena fungsinya hanya memompakan darah ke paru-paru.
Jantung terbungkus oleh kantong perikardium yang terdiri dari  2 lembar :
1.     lamina panistalis di sebelah luar.
2.     lamina viseralis yang menempel pada dinding jantung.
Jantung memiliki katup atrioventikuler (valvula bikuspidal) yang terdapat di antara serambi dan bilik jantung yang berfungsi mencegah aliran dari bilik keserambi selama sistol dan katup semilunaris (katup aorta dan pulmonalis) yang berfungsi mencegah aliran balik dari aorta dan arteri pulmonalis kiri ke bilik selama diastole.
Jantung disusun oleh 3 macam jaringan, yaitu :
a)     Jaringan ikat : merupakan jaringan luar yang berfungsi sebagai pelindung.
b)     Jaringan otot jantung : merupakan jaringan yang terdapat pada lapisan tengah, berfungsi untuk membatasi antar ruang jantung.
c)      Jaringan epitel : merupakan jaringan yang terletak dilapisan dalam, berfungsi untuk membatasi antar ruangan jantung.
Dinding jantung terdiri atas 3 lapisan, yaitu :
a)     Pericardium; selaput pembungkus jantung.
b)     Miokardium; otot jantung
c)      Endokardium; selaput yang membatasi ruang jantung.
b.     Letak Jantung
Jantung terletak dalam rongga dada agak sebelah kiri, di antara paru-paru kanan dan paru-paru kiri. Jantung dilindungi oleh rangka dada yaitu tulang dada, tulang iga dan tulang belakang. Massanya kurang lebih 300 gram, besarnya sebesar kepalan tangan. Jantung memiliki fungsi untuk memompa darah. Dengan adanya jantung, darah dapat dialirkan ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah.
Jantung dibungkus oleh suatu lapisan yang disebut pericardium. Diantara pembungkusnya (pericardium) dengan jantung terdapat cairan berfungsi sebagai pelumas untuk memudahkan pergerakan jantung pada saat memompa.

c.      Cara Kerja Jantung
Pada saat berdenyut, setiap ruang jantung mengendur dan terisi darah (disebut diastol). Selanjutnya jantung berkontraksi dan memompa darah keluar dari ruang jantung (disebut sistol). Kedua serambi mengendur dan berkontraksi secara bersamaan, dan kedua bilik juga mengendur dan berkontraksi secara bersamaan.
Darah yang kehabisan oksigen dan mengandung banyak karbondioksida (darah kotor) dari seluruh tubuh mengalir melalui dua vena berbesar (vena kava) menuju ke dalam serambi kanan. Setelah atrium kanan terisi darah, dia akan mendorong darah ke dalam bilik kanan.
Darah dari bilik kanan akan dipompa melalui katup pulmoner ke dalam arteri pulmonalis, menuju ke paru-paru. Darah akan mengalir melalui pembuluh yang sangat kecil (kapiler) yang mengelilingi kantong udara di paru-paru, menyerap oksigen dan melepaskan karbondioksida yang selanjutnya dihembuskan.
Darah yang kaya akan oksigen (darah bersih) mengalir di dalam vena pulmonalis menuju ke serambi kiri. Peredaran darah di antara bagian kanan jantung, paru-paru dan atrium kiri disebut sirkulasi pulmoner.
Darah dalam serambi kiri akan didorong menuju bilik kiri, yang selanjutnya akan memompa darah bersih ini melewati katup aorta masuk ke dalam aorta (arteri terbesar dalam tubuh). Darah kaya oksigen ini disediakan untuk seluruh tubuh, kecuali paru-paru.

3.     PEMBULUH DARAH

Pembuluh darah merupakan saluran yang berfungsi sebagai tempat mengalirnya darah dari seluruh tubuh menuju jantung atau sebaliknya.
Ada 3 macam pembuluh darah yaitu: pembuluh nadi (arteri), pembuluh balik (vena), dan pembuluh kapiler (pembuluh darah halus). Arteri dan vena terletak bersebelahan. Dinding arteri lebih tebal dari pada dinding vena. Dinding arteri dan vena mempunyai tiga lapisan yaitu lapisan bagian dalam yang terdiri dari endothelium, lapisan tengah yang terdiri atas otot polos dengan serat elastis dan lapisan paling luar yang terdiri atas jaringan ikat ditambah dengan serat elastis. Cabang terkecil dari arteri dan vena disebut kapiler. Pembuluh kapiler memiliki diameter yang sangat kecil dan hanya memiliki satu lapisan tunggal endothelium dan sebuah membran basal.

1) Pembuluh Nadi (Arteri)
Arteri adalah semua pembuluh darah yang arahnya meninggalkan jantung (mengalirkan darah dari jantung) sehingga darah yang dibawanya kaya akan oksigen, kecuali pembuluh arteri pulmonalis (pembuluh arteri yang membawa darah dari jantung menuju paru – paru).
            Ciri – ciri arteri dapat disebutkan sebagai berikut :
*     Tempat Agak ke dalam
*     Dinding Pembuluh Tebal, kuat, dan elastis
*     Aliran darah Berasal dari jantung
*     Denyut terasa
*     Bila ada luka darah memancar keluar
*     Tempat mengalir darah yang dipompa dari bilik
*     Memiliki sebuah katup (valvula semilunaris) yang berada tepat di luar jantung

2) Pembuluh Balik (Vena)
Vena adalah pembuluh darah yang mengalirkan darah kembali ke jantung dari jaringan tubuh atau mengalirkan darah menuju jantung sehingga darah yang dibawanya miskin oksigen, kecuali pembuluh vena pulmonalis (pembuluh vena yang membawa darah dari paru – paru menuju jantung).
Ciri-ciri pembuluh vena adalah :
*     Dinding pembuluh tipis, tidak elastis
*     Dekat dengan permukaan tubuh (tipis kebiru-biruan)
*     Aliran darah Menuju jantung
*     Denyut tidak terasa
*     Bila ada luka darah tidak memancar
*     Tekanan pembuluh lebih lemah di bandingkan pembuluh nadi
*     Terdapat katup yang berbentuk seperti bulan sabit (valvula semi lunaris) dan menjaga agar darah tak berbalik arah dan terletak disepanjang pembuluh

3) Pembuluh Kapiler
Pembuluh kapiler merupakan pembuluh darah yang sangat halus berupa cabang pembuluh darah terkecil yang menyebar ke seluruh jaringan dan menghubungkan arteriola dan venula. Dindingnya tersusun atas satu lapis sel. Pada pembuluh kapiler terjadi pertukaran gas oksigen dari darah dengan karbondioksida dari jaringan. Hasil pertukaran gas ini akan diangkut ke vena dan diteruskan ke vena cava.


4.     PEREDARAN DARAH

Dalam keadaan normal darah ada didalam pembuluh darah, ujung arteri bersambung dengan kapiler darah dan kapiler darah bertemu dengan vena terkecil (venula) sehingga darah tetap mengalir dalam pembuluh darah walaupun terjadi pertukaran zat, hal ini disebut sistem peredaran darah tertutup. Peredaran darah manusia merupakan peredaran darah tertutup karena darah yang dialirkan dari dan ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah.
Darah mengalir melewati jantung sebanyak dua kali sehingga disebut sebagai peredaran darah ganda. Peredaran darah ganda terdiri dari :

1. Peredaran darah panjang/besar/sistemik
Adalah peredaran darah yang mengalirkan darah yang kaya oksigen dari bilik (ventrikel) kiri jantung lalu diedarkan ke seluruh jaringan tubuh. Oksigen bertukar dengan karbondioksida di jaringan tubuh. Lalu darah yang kaya karbondioksida dibawa melalui vena menuju serambi kanan (atrium) jantung.
Mekanisme peredaran darah panjang atau besar adalah sebagai berikut :
Ventrikel kiri –> aorta –> arteri superior dan inferior –> sel / jaringan tubuh –> vena cava inferior dan superior –> atrium kanan jantung . (jantung -> seluruh tubuh -> jantung)

2. Peredaran darah pendek/kecil/pulmonal
Adalah peredaran darah yang mengalirkan darah dari jantung ke paru-paru dan kembali ke jantung. Darah yang kaya karbondioksida dari bilik kanan dialirkan ke paru-paru melalui arteri pulmonalis, di alveolus paru-paru darah tersebut bertukar dengan darah yang kaya akan oksigen yang selanjutnya akan dialirkan ke serambi kiri jantung melalui vena pulmonalis.
Mekanisme peredaran darah kecil atau pendek adalah sebagai berikut :
Ventrikel kanan jantung –> Arteri pulmonalis –> paru-paru –> vena pulmonalis —> atrium kiri jantung. (jantung -> paru-paru -> jantung).



Skema Peredaran Darah pada Manusia

5.     KELAINAN PADA SISTEM PEREDARAN DARAH

a.      Hipertensi
Hipertensi ditunjukkan dengan tingginya tekanan darah. Beberapa gejala penyakit ini di antaranya adalah jantung berdebar-debar, sesak napas saat kerja berlebihan, dan badan terasa lemah serta kepala menjadi pusing.
b.     Leukimia
Penyakit yang dikarenakan kelebihan jumlah leukosit dalam tubuh
c.      Sklerosis
Sklerosis yaitu pengerasan pembuluh nadi (arteri) yang disebabkan oleh terbentuknya kerak keras di bagian dalam dinding pembuluh nadi. Bila kerak tersebut dari senyawa lemak disebut ateroskerosis, sedangkan bila terbentuk dari senyawa kalsium disebut arterisoklerosis. Akibat adanya kerak pada dinding pembuluh darah, bisa menyebabkan penyempitan pembuluh darah dan akibat selanjutnya terjadi hipertensi (tekanan darah tinggi).
d.     Varises
Varises merupakan pelebaran pembuluh balik (vena) yang umumnya terjadi di bagian betis. Di bagian betis tersebut tampak tonjolan berbelok-belok berwarna biru yang disebut varises. Varises terjadi karena terlalu lama berdiri atau kerja yang banyak menggunakan kaki.
e.      Arteriosklerosis yaitu pengerasan pembuluh nadi karena endapan  lemak berbentuk plak (kerak) yaitu jaringan ikat berserat dan sel-sel otot polos yang di infiltrasi oleh lipid (lemak)
f.      Anemia yaitu rendahnya kadar hemoglobin dalam darah atau berkurangnya jumlah eritrosit dalam darah
g.     Hemofilia yaitu penyakit kekurangan trombosit akibatnya apabila terluka, darah sukar membeku.
h.     Hemeroid (ambeien) pelebaran pembuluh darah di sekitar dubur
i.       Ambolus yaitu tersumbatnya pembuluh darah karena benda yang bergerak.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar